Literature Review

 

Peranan Ilustrasi Visual dalam Pemecahan Masalah pada Anak-Anak


PEMBAHASAN

Ilustrasi adalah sebuah citra yang dibentuk untuk memperjelas sebuah informasi atau gagasan dengan memberikan gambaran atau representasi secara visual. Dengan ilustrasi, mempunyai esensi pemikiran ide, dan konsep yang melandasi informasi apa yang ingin diinformasikan sebuah gambar.

Banyak kebudayaan di dunia yang memberi pengaruh terhadap masyarakatnya menjadi sangat sensitif dan memiliki kapabilitas untuk memahami pesan melalui rangsangan visual /indera penglihatan. Oleh karena itu pesan visual sudah sangat familiar dalam kehidupan manusia. Hadirnya ilustrasi visual mampu membuat sebagian masyarakat besar untuk terlibat secara intens dalam memainkan peran dalam kehidupan masyarakat dan anak-anak. 

Ilustrasi sering berhubungan dan bersinggungan dengan seri rupa dan desain grafis yang disebabkan karena adanya tumpang tindih fungsi dan kebutuhan. Ilustrasi didasarkan pada kebutuhan objektif, tentang mengkomunikasikan pesan kepada audience yang menjadikan ilustrasi sebagai bahasa visual yang berpengaruh pada masyarakat.

Menggunakan ilustrasi visual dalam buku pembelajaran merupakan salah satu strategi dalam pemecahan masalah yang telah menjadi subyek banyak penelitian, terkait dengan membuat suatu gambar, grafik atau diagram, salah satunya pada mata pelajaran matematika. Dikarenakan suatu gambar atau ilustrasi biasanya sangat membantu para siswa-siswa yang menghadapi kesulitan dalam memecahkan masalah dalam pembelajaran sekolah yang salah satu nya adalah mata pelajaran matematika.

Penggunaan ilustrasi visual dijadikan sebagai salah satu alternatif dan sumber daya yang kuat bagi siswa-siswa yang belajar matematika, ilustrasi visual juga dapat digunakan sebagai pengganti efektf untuk kata-kata dan membantu menjelaskan atau menguraikan makna teks. Hal ini diperjelas Braden dalam Coleman (2010) bahwa “ketika ilustrasi menunjang teks, kemudian belajar informasi dalam teks dan gambar yang akan mempermudahnya, tidak hanya ilustrasi membantu siswa memahami dan mengingat apa yang mereka baca, tapi ilustrasi juga dapat memberikan kenikmatan bagi pembaca dan dapat membangkitkan tanggapan estetik”

Ilustrasi visual yang digunakan pada penelitian ini adalah sebuah representasi objek atau benda-benda konkret yang berkaitan dengan aktivitas keseharian siswa untuk menunjukkan atau memperjelas teks materi pada buku. Dengan demikian menunjukkan bahwa peran ilustrasi visual membantu para siswa untuk mengembangkan dengan memberikan metode alternatif dalam memandang suatu masalah yang harus dipecahkan.

Ilustrasi visual merupakan media pembelajaran yang mampu memperlihatkan materi pembelajaran dalam bentuk tampilan yang sederhana dan disajikan secara ringkas sehingga materi yang terkandung didalamnya mampu dan mudah diterima oleh siswa-siswa. Dalam   pengembangan media visual terdapat banyak jenis dan bentuk salah satu contohnya berupa  buku paket, LKS, dan komik.

Tujuan dari Literature Review ini dimaksudkan untuk mengetahui peranan ilustrasi visual dalam pemecahan masalah pada anak-anak dengan media pembelajaran buku/LKS yang bertujuan untuk membantu siswa dalam kesulitan untuk menyelesaikan masalah dalam mata pelajaran yang dipelajari.

METODE

Penelitian yang ditelaah dalam jurnal-jurnal ini menggunakan metode penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE; Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. ADDIE merupakan model yang banyak    digunakan karena berorientasi sistem, sudah familiar dikalangan praktisi pendidikan serta langkah-langkahnya yang lebih sederhana yang setiap langkahnya selalu mengacu pada langkah sebelumnnya sehingga  diperoleh  efektif   secara sistematis. . Hal ini diperjelas Braden dalam Coleman (2010) bahwa “ketika ilustrasi menunjang teks, kemudian belajar informasi dalam teks dan gambar yang akan mempermudahnya, tidak hanya ilustrasi membantu siswa memahami dan mengingat apa yang mereka baca, tapi ilustrasi juga dapat memberikan kenikmatan bagi pembaca dan dapat membangkitkan tanggapan estetik”

Subyek: Untuk mengetahui media yang akan dikembangkan dalam penelitian ini buku/LKS berbasis pemecahan masalah dengan ilustrasi visual. Dari jurnal, subjek uji coba buku/LKS berbasis pemecahan masalah ilustrasi visual diambil oleh siswa kelas VIII C SMP Negeri 10 Purworejo dengan jumlah siswa 6 siswa, sedangkan subjek uji luasnya adalah siswa kelas VIII B SMP Negeri 10 Purworejo dengan jumlah 32 siswa.

Cara Kerja: Pada penelitian ini mempunyai cara kerja yang pertama yaitu tahap analisis pustaka, lapangan, kompetensi, dan siswa. Setelah itu dilakukan-nya tahap perencanaan dengan mendesain buku/LKS secara digital. 

Lalu melakukan pengembangan produk yang divalidasi oleh 2 orang validator yakni ahli media dan ahli materi pada penelitian ini. Selanjutnya, pada tahap implementasi dilakukan uji coba lapangan kecil dengan responden 6 orang siswa dikenai angket respon dan uji coba lapangan besar sebanyak 32 siswa. Yang terakhir yaitu evaluasi dengan mengukur kelayakan buku/LKS ilustrasi visual.

Hasil: Pada hasil penelitian yang menggunakan metode ADDIE INI menunjukkan bahwa buku/LKS berbasis pemecahan masalah dengan ilustrasi visual dikatakan layak. Dengan rata-rata skor 4,08 dari ahli media yang menyatakan valid dan 4,60 dari ahli materi yang menyatakan valid. Pada penelitian ini ahli media dan kedua ahli materi menyatakan bahwa buku/LKS ilustrasi visual dapat digunakan tanpa revisi. 

Hasil penilaiain respon siswa terhadap buku/LKS ilustrasi visual berkeriteria positif atau sangat positif  dengan presentase respon siswa ≥ 70%. Pada penelitian ini hasil penilaian respon siswa terhadap buku/LKS yang diberikan siswa mendapat skor rata-rata sebesar 3,87 dengan persentase sebesar 72,39% yang berkeriteria efektif. Maka dari dari data diatas dapat disimpulkan bahwa penerapan ilustrasi dalam buku/LKS berbasis pemecahan masalah dengan ilustrasi visual berkeriteria layak.

Hasil dari pencarian studi yang relevan dengan topik yang berhubungan dilakukan dengan menggunakan google scholar dengan keyword pemecahan masalah dalam ilustrasi visual.  Diambil dari 3 artikel untuk digunakan sebagai bahan identifikasi literature review.

KESIMPULAN

Literature review  yang saya lakukan pada 3 jurnal tentang peranan ilustrasi visual pada pemecahan masalah pada anak-anak, bahwa dari uji penelitian yang dilakukan menunjukkan hasil yang baik dan layak. Dari pengolahan dan analisis data yang dilaksanakan melalui tahap pengembangan dan tahap uji kelayakan media pembelajaran diberi kesimpulan bahwa menggunakan ilustrasi visual sudah memenuhi kriteria kevalidan berdasarkan penilaian yang dilakukan oleh ahli media dan ahli materi yang memenuhi kriteria kepraktisan berdasarkan penilaian validator. Dengan adanya menggunakan ilustrasi visual, ini akan berdampak baik bagi proses pembelajaran  serta  dapat  meningkatakan inovasi baru bagi guru dan pihak  sekolah dalam mengembangkan media pembelajaran untuk peserta didik. Disimpulkan dari data diatas bahwa menerapkan ilustrasi visual dalam memecahkan masalah pada anak-anak layak diterapkan pada buku/LKS pembelajaran sekolah.

Dalam pengembangan buku berbasis ilustrasi visual ini, saya menemukan media pembelajaran yang menyajikan visual yang menarik sehingga akan membuat siswa-siswa lebih tertarik dalam pelajaran-pelajaran sekolah terutama pelajaran matematika serta dengan menampilkan tampilan buku yang penuh gambar dan pemilihan warna yang membuat siswa-siswa akan menemukan kesenangan tersendiri dan tidak merasa bosan saat mereka belajar karena dengan menggunakan media buku berbasis ilustrasi visual siswa-siswa akan menemukan/memiliki inovasi baru dalam teknik belajar.

 

DAFTAR PUSTAKA

Pengembangan LKS Berbasis Pemecahan Masalah dengan Ilustrasi Visual untuk Siswa SMP, Oleh: Arohman Taufik, Riawan Yudi Purwoko, Puji Nugrahen.

https://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=1313667&val=612&title=PENGEMBANGAN%20LKS%20BERBASIS%20PEMECAHAN%20MASALAH%20DENGAN%20ILUSTRASI%20VISUAL%20UNTUK%20SISWA%20SMP

Pengembangan Media Komik Matematika Berbasis Visual Pada Materi Kerucut dan Tabung di Sekolah Dasar, Oleh Indra Murti Wulandari, Indri Anugraheni.

https://jurnal.peneliti.net/index.php/JIWP/article/view/671/478

Peran dan Perkembangan Ilustrasi, Oleh Joneta Witabora

Microsoft Word - 48_DVK_Joneta_illustration -- EDITED__E_.doc

Komentar