Literature Review
Peranan Ilustrasi Visual dalam Pemecahan Masalah pada Anak-Anak
PEMBAHASAN
Ilustrasi
adalah sebuah citra yang dibentuk untuk memperjelas sebuah informasi atau
gagasan dengan memberikan gambaran atau representasi secara visual. Dengan ilustrasi,
mempunyai esensi pemikiran ide, dan konsep yang melandasi informasi apa yang
ingin diinformasikan sebuah gambar.
Banyak kebudayaan di dunia yang memberi pengaruh terhadap masyarakatnya menjadi sangat sensitif dan memiliki kapabilitas untuk memahami pesan melalui rangsangan visual /indera penglihatan. Oleh karena itu pesan visual sudah sangat familiar dalam kehidupan manusia. Hadirnya ilustrasi visual mampu membuat sebagian masyarakat besar untuk terlibat secara intens dalam memainkan peran dalam kehidupan masyarakat dan anak-anak.
Ilustrasi sering berhubungan dan bersinggungan dengan seri rupa dan desain grafis yang disebabkan karena adanya tumpang tindih fungsi dan kebutuhan. Ilustrasi didasarkan pada kebutuhan objektif, tentang mengkomunikasikan pesan kepada audience yang menjadikan ilustrasi sebagai bahasa visual yang berpengaruh pada masyarakat.
Menggunakan ilustrasi visual dalam buku pembelajaran merupakan salah satu strategi dalam pemecahan masalah yang telah menjadi subyek banyak penelitian, terkait dengan membuat suatu gambar, grafik atau diagram, salah satunya pada mata pelajaran matematika. Dikarenakan suatu gambar atau ilustrasi biasanya sangat membantu para siswa-siswa yang menghadapi kesulitan dalam memecahkan masalah dalam pembelajaran sekolah yang salah satu nya adalah mata pelajaran matematika.
Penggunaan ilustrasi visual dijadikan sebagai salah satu alternatif dan sumber
daya yang kuat bagi siswa-siswa yang belajar matematika, ilustrasi visual juga
dapat digunakan sebagai pengganti efektf untuk kata-kata dan membantu
menjelaskan atau menguraikan makna teks. Hal ini diperjelas Braden dalam
Coleman (2010) bahwa “ketika ilustrasi menunjang teks, kemudian belajar
informasi dalam teks dan gambar yang akan mempermudahnya, tidak hanya ilustrasi
membantu siswa memahami dan mengingat apa yang mereka baca, tapi ilustrasi juga
dapat memberikan kenikmatan bagi pembaca dan dapat membangkitkan tanggapan
estetik”
Ilustrasi
visual yang digunakan pada penelitian ini adalah sebuah representasi objek atau
benda-benda konkret yang berkaitan dengan aktivitas keseharian siswa untuk
menunjukkan atau memperjelas teks materi pada buku. Dengan demikian menunjukkan
bahwa peran ilustrasi visual membantu para siswa untuk mengembangkan dengan
memberikan metode alternatif dalam memandang suatu masalah yang harus
dipecahkan.
Ilustrasi visual merupakan media pembelajaran yang mampu memperlihatkan materi pembelajaran dalam bentuk tampilan yang sederhana dan disajikan secara ringkas sehingga materi yang terkandung didalamnya mampu dan mudah diterima oleh siswa-siswa. Dalam pengembangan media visual terdapat banyak jenis dan bentuk salah satu contohnya berupa buku paket, LKS, dan komik.
Tujuan dari Literature Review ini dimaksudkan untuk mengetahui peranan ilustrasi visual dalam pemecahan masalah pada anak-anak dengan media pembelajaran buku/LKS yang bertujuan untuk membantu siswa dalam kesulitan untuk menyelesaikan masalah dalam mata pelajaran yang dipelajari.
METODE
Penelitian
yang ditelaah dalam jurnal-jurnal ini menggunakan metode penelitian
pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE; Analysis,
Design, Development, Implementation, dan Evaluation. ADDIE merupakan
model yang banyak digunakan karena berorientasi
sistem, sudah familiar dikalangan praktisi pendidikan serta langkah-langkahnya yang
lebih sederhana yang setiap langkahnya selalu mengacu pada langkah sebelumnnya sehingga diperoleh
efektif secara sistematis.
. Hal ini diperjelas Braden dalam Coleman (2010) bahwa “ketika ilustrasi
menunjang teks, kemudian belajar informasi dalam teks dan gambar yang akan
mempermudahnya, tidak hanya ilustrasi membantu siswa memahami dan mengingat apa
yang mereka baca, tapi ilustrasi juga dapat memberikan kenikmatan bagi pembaca
dan dapat membangkitkan tanggapan estetik”
Subyek: Untuk
mengetahui media yang akan dikembangkan dalam penelitian ini buku/LKS berbasis
pemecahan masalah dengan ilustrasi visual. Dari jurnal, subjek uji coba buku/LKS
berbasis pemecahan masalah ilustrasi visual diambil oleh siswa kelas VIII C SMP
Negeri 10 Purworejo dengan jumlah siswa 6 siswa, sedangkan subjek uji luasnya
adalah siswa kelas VIII B SMP Negeri 10 Purworejo dengan jumlah 32 siswa.
Cara Kerja: Pada penelitian ini mempunyai cara kerja yang pertama yaitu tahap analisis pustaka, lapangan, kompetensi, dan siswa. Setelah itu dilakukan-nya tahap perencanaan dengan mendesain buku/LKS secara digital.
Lalu melakukan pengembangan
produk yang divalidasi oleh 2 orang validator yakni ahli media dan ahli materi
pada penelitian ini. Selanjutnya, pada tahap implementasi dilakukan uji coba
lapangan kecil dengan responden 6 orang siswa dikenai angket respon dan uji
coba lapangan besar sebanyak 32 siswa. Yang terakhir yaitu evaluasi dengan mengukur
kelayakan buku/LKS ilustrasi visual.
Hasil: Pada hasil penelitian yang menggunakan metode ADDIE INI menunjukkan bahwa buku/LKS berbasis pemecahan masalah dengan ilustrasi visual dikatakan layak. Dengan rata-rata skor 4,08 dari ahli media yang menyatakan valid dan 4,60 dari ahli materi yang menyatakan valid. Pada penelitian ini ahli media dan kedua ahli materi menyatakan bahwa buku/LKS ilustrasi visual dapat digunakan tanpa revisi.
Hasil
penilaiain respon siswa terhadap buku/LKS ilustrasi visual berkeriteria positif
atau sangat positif dengan presentase
respon siswa ≥ 70%. Pada penelitian ini hasil penilaian respon siswa terhadap buku/LKS
yang diberikan siswa mendapat skor rata-rata sebesar 3,87 dengan persentase
sebesar 72,39% yang berkeriteria efektif. Maka dari dari data diatas dapat
disimpulkan bahwa penerapan ilustrasi dalam buku/LKS berbasis pemecahan masalah
dengan ilustrasi visual berkeriteria layak.
Hasil
dari pencarian studi yang relevan dengan topik yang berhubungan dilakukan dengan
menggunakan google scholar dengan keyword pemecahan masalah dalam
ilustrasi visual. Diambil dari 3 artikel
untuk digunakan sebagai bahan identifikasi literature review.
KESIMPULAN
Literature
review yang saya
lakukan pada 3 jurnal tentang peranan ilustrasi visual pada pemecahan masalah
pada anak-anak, bahwa dari uji penelitian yang dilakukan menunjukkan hasil yang
baik dan layak. Dari pengolahan dan analisis data yang dilaksanakan melalui
tahap pengembangan dan tahap uji kelayakan media pembelajaran diberi kesimpulan
bahwa menggunakan ilustrasi visual sudah memenuhi kriteria kevalidan
berdasarkan penilaian yang dilakukan oleh ahli media dan ahli materi yang
memenuhi kriteria kepraktisan berdasarkan penilaian validator. Dengan adanya menggunakan
ilustrasi visual, ini akan berdampak baik bagi proses pembelajaran serta
dapat meningkatakan inovasi baru bagi
guru dan pihak sekolah dalam
mengembangkan media pembelajaran untuk peserta didik. Disimpulkan dari data
diatas bahwa menerapkan ilustrasi visual dalam memecahkan masalah pada anak-anak
layak diterapkan pada buku/LKS pembelajaran sekolah.
Dalam
pengembangan buku berbasis ilustrasi visual ini, saya menemukan media
pembelajaran yang menyajikan visual yang menarik sehingga akan membuat siswa-siswa
lebih tertarik dalam pelajaran-pelajaran sekolah terutama pelajaran matematika
serta dengan menampilkan tampilan buku yang penuh gambar dan pemilihan warna
yang membuat siswa-siswa akan menemukan kesenangan tersendiri dan tidak merasa
bosan saat mereka belajar karena dengan menggunakan media buku berbasis ilustrasi
visual siswa-siswa akan menemukan/memiliki inovasi baru dalam teknik belajar.
DAFTAR PUSTAKA
Pengembangan LKS Berbasis
Pemecahan Masalah dengan Ilustrasi Visual untuk Siswa SMP, Oleh: Arohman
Taufik, Riawan Yudi Purwoko, Puji Nugrahen.
Pengembangan Media Komik
Matematika Berbasis Visual Pada Materi Kerucut dan Tabung di Sekolah Dasar,
Oleh Indra Murti Wulandari, Indri Anugraheni.
https://jurnal.peneliti.net/index.php/JIWP/article/view/671/478
Peran dan Perkembangan
Ilustrasi, Oleh Joneta Witabora
Microsoft Word - 48_DVK_Joneta_illustration -- EDITED__E_.doc
Komentar
Posting Komentar